Join The Community

Premium WordPress Themes

Wednesday, December 15, 2010

Case Of Condition

Case Of Condition

Pada posting sebelumnya telah dibahas mengenai if then else yang memiliki dua pilihan kondisi. Bagaimana seandainya jumlah pilihannya tidak hanya dua pilihan? Misalnya untuk pilihan nilai dengan alpabet A untuk baik, B untuk sedang, dan C untuk kurang.
Kasus tersebut bisa saja kita selesaikan dengan menggunaan fungsi kondisi if, tapi akan terlihat lebih sulit. Solusi lain dapat kita pergunakan fungsi kondis case of. Silahkan amati list program berikut:


Sintak program


Output

program caseof;

uses crt;

var nilai:char;

begin

clrscr;

write(‘ketik nilai Anda A/B/C: ’);

readln(nilai);

{bagian seleksi kondisi}

case nilai of

‘A’:write(‘Baik’)

‘B’:write(‘Cukup’)

‘C’:write(‘Kurang’)

else write(‘Input anda salah’)

end;

end.


Tampilan 1:

Ketik nilai Anda A/B/C : B

Tampilan 2:

Ketik nilai Anda : B

Cukup

Ketika program dieksekusi tampil seperti pada output tampilan 1 dan user mengetikkan nilai B, kemudian tampil output seperti pada output tampilan 2. Keterangan nilai yang diberikan adalah ‘Cukup’. Apabila dimasukkan nilai selain dari nilai ‘A’, ‘B’, dan ‘C’, maka pernyataan yang akan dieksekusi adalah bagian else.
Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel untuk kondisi case of adalah bertipe char dan format penulisan untuk fungsi pustaka case of adalah seperti berikut :

Case kondisi of
label : pernyataan 1
label : pernyataan 2
label : pernyataan 3
.
.
else pernyataan n
end;

pada variabel nilai diberikan tipe data char, karena variabel nilai digunakan sebagai varibel kondisi untuk fungsi pustaka case of.

0 comments:

Post a Comment